Beranda > Tips Pengecatan > Tips 6. Memilih Cat Berkualitas

Tips 6. Memilih Cat Berkualitas

Soal kualitas, tampaknya memang idiom. “Ada harga ada barang” yang kerap diucapkan para pedagang, ada benarnya juga.

“Barang mahal biasanya bagus”. Logikanya, cat yang berkualitas baik pasti dibuat dari bahan-bahan berkualitas yang harganya berbeda juga. Selain itu, kandungan zat-zat tambahan (additive) yang semakin lengkap tentu akan membuat harga jadi lebih tinggi dan menyempurnakan kualitas cat.

Misalnya, dalam hal kehalusan cat, kemampuan menutupi retak rambut, kemampuan dibersihkan dari noda, kelenturan lapisan cat, juga kemudahan aplikasinya.

Cat yang berkualitas minimal mempunyai empat fungsi yang harus dimiliki diantaranya daya sebar, daya tutup, mudah dalam pengaplikasiannya, dan aman bagi kesehatan lingkungan.

Memang semakin tinggi kualitas cat, maka harganya pun akan semakin mahal, karena disamping keempat hal pokok diatas, cat yang berkualitas akan memiliki nilai tambah seperti daya tahan terhadap cuaca, anti jamur, tidak memudar (anti-fading), mudah dibersihkan (washable), dapat menutup retak rambut (cover hair line crack) serta tambahan pengharum (fragnance).

Cat juga harus aman, bila memilih cat misalnya, kita harus memilih yang mengandung bahan-bahan yang tidak beracun dan yang tentunya aman bagi kesehatan manusia. Selain itu harus ramah lingkungan, tidak berbau dan mengandung kadar VOC (Volatile Organic Compound) yang rendah. VOC adalah organik yang mudah menguap pada saat cat diaplikasikan dan bersifat mengganggu pernafasan bila terhirup.

Biasanya perusahaan cat yang memiliki sertifikat Singapore Green Label telah memenuhi uji baku mutu VOC dan menerapkan standar ramah lingkungan tidak hanya diterapkan pada produknya, tetapi juga diterapkan pada proses produksi di pabrik hingga pengolahan limbahnya yang diaudit secara berkala oleh kementerian lingkungan hidup. sumber : kompas.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: