Beranda > Tips Membuat Kesan Luas > Tips 7. Mengatasi Barang-Barang Tak Berguna

Tips 7. Mengatasi Barang-Barang Tak Berguna

Dulu mungkin rumah Anda masih teratur, lega, dan nyaman. Sekarang, rumah sumpek gara-gara banyak barang. Begini solusinya!

Mungkin Anda tidak menyadari, setiap bulan, minggu, bahkan hari, Anda dan anggota keluarga selalu membawa barang-barang baru ke dalam rumah. Entah itu brosur perjalanan, kertas-kertas tagihan, buku, koran, baju, sepatu, sebuah kursi, sebuah rak, dan lainnya.

Rumah yang Anda miliki ukurannya tetap, namun barang-barang yang memenuhi rumah terus bertambah. Jadi wajar saja rumah yang semula lapang dan teratur, perlahan menjadi penuh. Akhirnya, kondisi berantakan pun tak dapat dihindari.

Solusinya hanya satu. Lakukan pembenahan untuk mengembalikan kondisi rumah Anda agar kembali teratur, lapang, nyaman dan menyenangkan.

Sebelum melakukan pembenahan, siapkan waktu yang cukup. Waktu yang dibutuhkan tergantung besar rumah dan seberapa melimpahnya barang-barang tertimbun di rumah Anda. Bisa dua – tiga hari. Bahkan hingga satu pekan.

Selama beberapa hari itu, hanya satu hal yang menjadi fokus Anda: “membuang” barang-barang. Barang yang tak dapat digunakan, silakan dipilah-pilah. Material yang dapat didaur ulang seperti kertas, kardus, botol, dan plastik, pasti dengan senang hati akan diterima para pemulung. Sedangkan barang lain yang kondisinya masih baik, dapat disumbangkan kepada yayasan atau institusi yang menerima sumbangan barang-barang.

Kalau mau rumah bersih dan rapi, ada enam kriteria barang yang harus dikeluarkan dari rumah. Jika barang-barang yang Anda temukan itu memenuhi kriteria tersebut, Anda harus konsisten untuk menyingkirkannya. Barulah tujuannya dapat tercapai.

1. Semua yang belum pernah Anda pakai atau Anda gunakan selama setahun belakangan. 2. Semua yang Anda pikir “mungkin akan diperlukan” . Padahal itu tidak mungkin diperlukan, karena Anda tidak akan menemukannya pada saat Anda membutuhkannya. 3. Semua yang sudah kekecilan. 4. Semua yang sudah rusak, termasuk mainan anak-anak dan furnitur. 5. Obat-obat yang sudah kadaluarsa. 6. Brosur, menu delivery , koran, dan majalah lama. Bacalah semua kertas dengan teliti sebelum membuangnya. Di antara tumpukan barang-barang yang penting, kertas seperti akte lahir atau paspor dapat terbuang tanpa sengaja.

Bila proses pembenahan dan pembersihan telah selesai, disiplinlah untuk mengikuti aturan “one in one out ”, satu masuk satu keluar. Maksudnya, untuk setiap barang baru yang Anda beli, keluarkan satu barang tua yang ada dari koleksi Anda.

Selamat berbenah! Dan nikmatilah rumah lama Anda dalam suasana yang baru. sumber : kompas.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: